Kamis, 06 Agustus 2009

ANIMASI

ANIMASI



-Animasi Sel (seluloid)
-Animasi Frame
-Animasi Sprite
-Animasi Lintasan
-Animasi Spline
-Animasi Vektor
-Animasi Karakter
-Animasi Komputasional Morphing


ANIMASI SEL
Kata cel berasal dari kata “celluloid” yang merupakan materi yang digunakan untuk membuat film gambar bergerak pada tahun-tahun awal animasi.Sekarang material film dibuat dari asetat (acetate)Biasanya digambar dengan menggunakan tangan (hand-drawn animation)Merupakan lembaran-lembaran yang membentuk animasi tunggal. Masing-masing sel merupakan bagian yang terpisah, misalnya antara obyek dengan latar belakangnya, sehingga dapat saling bergerak mandiri.Animasi Cel disebut juga Animasi Tradisional
Proses Animasi SelStoryboardVoice RecordingsAnimaticsDesign & TimingLayoutAnimationBackgroundTraditional ink-&-paint and cameraDigital ink & paint


ANIMASI FRAME
Animasi frame adalah bentuk animasi paling sederhana.Contohnya ketika kita membuat gambar-gambar yang berbedabeda gerakannya pada sebuah tepian buku kemudian kita buka buku tersebut dengan menggunakan jempol secara cepat maka gambar akan kelihatan bergerak.Dalam sebuah film, serangkaian frame bergerak dengan kecepatan minimal 24 frame per detik.


ANIMASI SPRITE
Pada animasi sprite, gambar digerakkan dengan latar belakang yang diam.Sprite adalah bagian dari animasi yang bergerak secara mandiri, seperti misalnya: burung terbang, planet yang berotasi, bola memantul, ataupun logo yang berputar.Dalam animasi sprite yang dapat kita edit adalah animasi dari layar yang mengandung sprite, kita tidak dapat mengedit bagian dalam yang ditampilkan oleh layar untuk masing-masing frame seperti pada animasi frame.


ANIMASI PATH
Animasi path adalah animasi dari obyek yang bergerak sepanjang garis kurva yang ditentukan sebagai lintasan.Misalnya dalam pembuatan animasi kereta api, persawat terbang, burung dan lain-lain yang membutuhkan lintasan gerak tertentu.Pada kebanyakan animasi path dilakukan juga efek looping yang membuat gerakan path terjadi secara terus menerus.Animasi SplineSpline adalah representasi matematis dari kurva. Sehingga gerakan obyek tidak hanya mengikuti garis lurus melainkan berbentuk kurva.


ANIMASI VEKTOR
Vektor adalah garis yang memiliki ujung-pangkal, arah, dan panjang.Animasi vektor mirip dengan animasi sprite, tetapi animasi sprite menggunakan bitmap sedangkan animasi vektor menggunakan rumus matematika untuk menggambarkan sprite-nya.


ANIMASI KARAKTER
Biasanya terdapat di film kartun, semua bagian selalu bergerak bersamaan.Software yang biasa digunakan adalah Maya Unlimited. Contoh: Film Toy Story dan Monster Inc.Apapun jenis animasinya, yang penting adalah memberikan efek “hidup” (visual efek) pada gambar atau obyek.Visual efek dapat dibuat dengan cara:Motion dynamics, efek yang disebabkan perubahan posisi terhadap waktu.Update dynamics, efek yang disebabkan perubahan pada suatu obyek (bentuk, warna, struktur, dan tekstur)Perubahan cahaya, posisi, orientasi dan fokus kamera.



PRINSIP ANIMASI


1.Squash and Strech (Menekan dan Melentur)•Squash and Strech bisa membuat benda-benda hidup atau mati dibuat seolah-olah hidup, menjadi ekspresif dan “bernyawa”, bergerak dengan lebih realitis.

2.Anticipation (Antisipasi)•Membuat setiap gerakan secara berurutan sehingga dapat dinikmati dan dimengerti oleh penonton.

3.Staging (Penata Gerak)•Mempresentasikan sebuah karakter agar dapat dikenal dengan baik oleh penonton

4.Straight Ahead and Pose to Pose merupakan 2 pendekatan dalam menggambar animasi.•Pada metode straight ahead, animator akan menggambar secara spontan gambar demi gambar setelah mengetahui story point.•Dalam metode pose to pose, animator bekerja lebih terencana membuat gambar, gerakan, ukuran sedini mungkin, sejak awal sebelum mulai menggambar.

5.Follow Trough and Overlapping Action•(Gerakan Mengikuti) Bila suatu karakter dalam sebuah scene berhenti secara tiba-tiba. Diperlukan penghitungan timing yang tepat.

6.Slow in and Slow out merupakan pengaturan timing and staging dalam suatu scene ke scene.•Ada gerakan melambatkan disaat memulai sesuatu dan melambat ketika suatu objek diakhir gerakan

7.!!!!

8.Archs (Kontruksi Lengkung)•Secondary Action (Gerakan Pendukung) adalah gerakan-gerakan yang mendukung suatu ekspresi atau aksi agar lebih terlihat jelas.

9.Timing

10.Exaggeration (Melebihkan)•Yang dimaksudkan dengan melebih-lebihkan sesuatu adalah membuat gambar dalam suatu aksi menjadi lebih menyakinkan/lebih terlihat lucu.

11.Solid Drawing •Adalah kemampuan menggambar yang baik dan benar agar terlihat hidup.

12.Apeal (Day Tarik)•Adalah suatu kualitas dimana orang dapat menikmati suatu gamabr yang memikat, desain bagus, komunikatif, dan memiliki magnet.

1 komentar:

It's LIFE mengatakan...

embohhhhhhhhhh ez.............